Rabu, 06 Februari 2013

PENGGUNAAN KOMPUTER AIDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELOMPOK BERMAIN ANGGREK



PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pendidikan merupakan salah satu bentuk perwujudan kebudayaan manusia yang dinamis dan sarat perkembangan. Pendidikan yang mampu mendukung pembangunan di masa mendatang adalah pendidikan yang mampu mengembangkan potensi peserta didik sejak usia dini. Pendidikan bagi anak usia dini adalah pemberian upaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh, dan pemberian kegiatan pembelajaran yang akan menghasilkan kemampuan dan keterampilan anak. Anak-anak adalah generasi penerus bangsa. Untuk itu mereka harus disiapkan sejak usia dini agar mempunyai kemampuan, karakter dan kepedulian terhadap perkembangan bangsa dan negaranya (Izhar, 1998). Salah satu kemampuan yang penting dan harus dikuasai oleh anak-anak adalah kemampuan membaca dan menulis. Membaca dan menulis menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan karena dengan hal itu semua pesan dapat diketahui arah dan maksudnya. Namun, banyak kendala yang menjadikan anak kurang minat untuk membaca dan menmulis. Oleh karena itu seorang guru harus benar-benar memperhatikan anak dalam pembelajaran membaca dan menulis. Guru dalam hal ini bertindak sebagai motivator. Jika kreativitas guru kurang untuk mengajak anak didiknya, maka ini akan berpengaruh pada minat dan kemampuan membaca dan menulis siswa. Guru adalah figure demokratis yang mengayomi dan membimbing siswanya mencapai kompetensi yang ditetapkan. Guru adalah figure yan dengan cerdas menciptakan lingkungan belajar yang kreatif, inovatif dan berwawasan teknologi serta membuka peluang-peluang baru bagi siswa untuk berkembang secara mandiri sesuai dengan minat dan potensi yang mereka miliki.
Kegiatan pembelajaran yang berpusat kepada siswa menutut guru sebagai fasilitator untuk lebih kreatif dalam menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan kemajuan teknologi. Guru dituntut untuk memiliki kepekaan dan kemampuan mengadopsi perkembangan teknologi untuk kepentingan kegiatan pembelajaran di kelas. Kemampuan dan kepekaan terhadap teknologi ini menjadi keniscayaan bagi guru jika guru ingin kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan di kelas tidak membosankan bagi siswa.
Perkembangan teknologi komputer secara signifikan telah mengubah kehidupan termasuk cara memperoleh pengetahuan. Kehadiran teknologi informasi dan komunilasi dalam pembelajaran merupakan tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan, khususnya teknologi pembelajaran dewasa ini. Tuntutan dalam menjawab globalisasi pendidikan telah hadir di depan mata. Berbagai perangkat komputer beserta koneksinya dapat menghantarkan peserta belajar secara cepat dan akurat apabila dimanfaatkan secara benar dan tepat. Untuk itu dibutuhkan sumber daya manusia yan tanggap terhadap perkembangan TIK (Sutrisno, 2011:3).
Cara belajar membaca dan menulis tradisional yaitu dengan menggunakan pensil dan kertas dinilai relatif kurang disukai oleh anak-anak. Anak-anak cenderung lebih suka bermain dengan warna, gambar, suara, lagu dan mendengarkan cerita daripada belajar dengan cara tradisional (Izhar, 1998). Oleh karena itu hal ini dapat dilakukan dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.  Salah satu cara yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan minat dan kemampuan anak dalam belajar membaca dan menulis adalah dengan menggunakan perangkat lunak pembelajaran berbasis komputer (Macaruso, and Adelaide, 2008). Dengan menggunakan perangkat lunak pembelajaran berbasis komputer materi dapat disampaikan dalam bentuk permainan yang disertai dengan gambar, suara, animasi dan permainan warna, sehingga anak-anak merasa sedang bermain walaupun sebenarnya mereka sedang belajar.

B.     Rumusan Masalah
1.    Bagaimanakah penggunaan komputer aided learning untuk meningkatkan minat membaca pada siswa kelompok bermain Anggrek?
2.    Bagaimanakah penggunaan komputer aided learning untuk meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelompok bermain Anggrek?
3.    Bagaimanakah penggunaan komputer aided learning untuk meningkatkan minat menulis pada siswa kelompok bermain Anggrek?
4.    Bagaimanakah penggunaan komputer aided learning untuk meningkatkan kemampuan menulis pada siswa kelompok bermain Anggrek?


C.    Tujuan
1.    Penggunaan komputer aided learning untuk meningkatkan minat membaca pada siswa kelompok bermain Anggrek.
2.    Penggunaan komputer aided learning untuk meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelompok bermain Anggrek.
3.    Penggunaan komputer aided learning untuk meningkatkan minat menulis pada siswa kelompok bermain Anggrek.
4.    Penggunaan komputer aided learning untuk meningkatkan kemampuan menulis pada siswa kelompok bermain Anggrek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar